Kendala Yang Banyak Ditanyakan Seputar Kolkit

🔧 SOLUSI “KOLKIT is damaged and can’t be opened. You should move it to the Trash.”

Pesan ini muncul karena macOS mendeteksi bahwa file tidak aman, tidak valid, atau dianggap rusak. Penyebabnya bisa bermacam-macam:

Kemungkinan Penyebab

  1. File rusak saat diunduh

    Biasanya karena koneksi internet tidak stabil sehingga file tidak terunduh secara sempurna.

  2. File tidak terverifikasi oleh Apple

    macOS menggunakan Gatekeeper yang bisa memblokir file dari sumber yang tidak dikenal.

  3. File mengandung kode yang dianggap berbahaya

    Terutama jika berbentuk .app atau .pkg yang belum diverifikasi Apple.

  4. Masalah permission atau “quarantine flag”

    Browser seperti Chrome dapat menandai file sebagai quarantined, sehingga macOS menolak membukanya.


Solusi 1: Hapus Atribut Quarantine via Terminal

  1. Buka Terminal.

  2. Jalankan perintah berikut:

xattr -d com.apple.quarantine /path/to/KOLKIT

Contoh jika file berada di folder Downloads:

Contoh jika file berada di folder Applications:

Pastikan kamu mengganti /path/to/KOLKIT dengan lokasi file sebenarnya.

Setelah itu, coba buka file-nya kembali.


Solusi 2: Unduh Ulang File

Jika file kemungkinan rusak saat proses download, cukup hapus versi lama lalu unduh ulang file KOLKIT dari sumber resmi.


Solusi 3: Izinkan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal

Jika KOLKIT berupa aplikasi dan ingin tetap membukanya:

  1. Buka System Preferences → Security & Privacy → General.

  2. Setelah mencoba membuka file dan muncul error, akan tampil tombol:

    “Open Anyway”

  3. Klik Open Anyway untuk mengizinkan pembukaan aplikasi.


🔐 SOLUSI TIDAK BISA LOGIN PERTAMA KALI ATAU SETELAH GANTI DEVICE

Jika kamu baru membeli KOLKIT atau baru pertama kali login, pastikan mengikuti langkah berikut:

1. Gunakan Email & Password yang Sama dengan Member Area

Login KOLKIT harus memakai kredensial yang sama dengan akun member area kamu.

2. Nonaktifkan Antivirus Eksternal

Antivirus selain Windows Defender sering memblokir KOLKIT.

Lakukan salah satu dari berikut:

  • Uninstall antivirus eksternal, atau

  • Tambahkan ke exclusion/pengecualian:

    • URL member area

    • URL KOLKIT

    • Folder hasil ekstrak KOLKIT

3. Reset Lisensi Setelah Ganti Device atau Instal Ulang

Reset lisensi wajib dilakukan setiap:

  • Kamu berganti perangkat

  • Ganti profil Chrome

  • Instal ulang aplikasi KOLKIT

  • Update versi KOLKIT

4. Ganti Koneksi Internet Jika Masih Gagal

Kadang jaringan tertentu memblokir koneksi.

Coba ganti Wi-Fi, hotspot HP, atau jaringan lain → kemudian lakukan reset lisensi dari awal.


⚠️ Catatan Penting

  • 1 lisensi KOLKIT hanya bisa aktif di 1 device.

  • Lisensi tidak dapat digunakan bersamaan di beberapa perangkat meskipun login menggunakan akun yang sama.

Last updated